Minggu, 05 Februari 2017

Indahnya Dunia Tanpa Kekerasan

Kekerasan merupakan watak dasar manusia, namun bisa dikendalikan agar tidak muncul. Kekerasan kadang bisa menyelesaikan masalah, namun dengan resiko yang besar. Seringkali resiko tersebut kemudian menjadi bahan penyesalan seumur hidup bagi pelaku tindak kekerasan, lebih-lebih lagi bagi korban kekerasan.

Kekerasan bukan satu-satunya jalan penyelesaian masalah, ada cara lain yang lebih indah. Simaklah video berikut :





Penyelesaian masalah dengan kekerasan memberikan hasil yang kurang memuaskan. Kekuatan tanpa kekerasan meninggalkan kesan yang lebih mendalam dan mendorong orang lain untuk meyakini bahwa penggunaan kekerasan bisa dihindari. Berikut adalah kisah nyata yang dialami seseorang ketika melakukan kesalahan. Kesalahan ini biasanya menjadi dorongan untuk melakukan tindak kekerasan. Namun bukan kekerasan yang dipilih melainkan jalan lain yang anti-kekerasan. Tindakan anti-kekerasan ini ternyata memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada kekerasan.





Perang identik dengan kekerasan. Namun banyak cara untuk memenangkan perang dengan jalan anti-kekerasan. Bahkan perang pun bisa diselesaikan dengan menghindari kekerasan. Kisah petualangan Karl May memang hanyalah kisah fiksi, namun penyelesaian konflik yang diceritakan bisa menjadi bahan pertimbangan bahwa perang juga bisa diakhiri dengan korban yang sesedikit mungkin.





Jika serial petualangan Karl May adalah contoh fiktif upaya menghindari kekerasan, maka film “Hacksaw Ridge” adalah contoh yang berdasarkan kisah nyata. Film “Hacksaw Ridge” menceritakan pengalaman Desmond T. Doss yang terlibat dalam Perang Dunia II melawan Jepang. Hal yang patut kita perhatikan adalah bahwa meskipun terjebak di tengah perang sengit, namun ia tidak mau menggunakan kekerasan, apalagi menggunakan senjata.

Dalam pertempuran sengit di Okinawa, salah satu markas militer Jepang, Desmond - tanpa bantuan siapa pun karena semua orang sibuk mempertahankan nyawanya sendiri - berhasil menyelamatkan 75 orang tentara. Semua itu dilakukannya tanpa menembakan peluru satu butir pun. Atas jerih payahnya ini ia mendapat anugrah Medal of Honor, penghargaan tertinggi tentara Amerika. Doss menjadi satu-satunya penerima Medal of Honor yang tidak membunuh ataupun melukai musuhnya.





Itulah indahnya dunia tanpa kekerasan. Sudah saatnya kekerasan dibuang jauh-jauh dan digantikan dengan cinta kasih sesama manusia dan sesama mahluk Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar